ECHOCARDIOGRAFI

Echocardiografi adalah suatu prosedur pemeriksaan jantung yang bersifat non invasif atau semi invasif untuk menilai anatomi, fungsi dan hemodinamik jantung dengan menggunakan suara ultra (ultrasound), yakni gelombang suara dengan frekuensi yang melebihi frekuensi pendengaran manusia, yaitu lebih dari 20.000 siklus per detik (>20 KHz) (Oemar Hamed, 2005)

Tujuan pemeriksaan ini:
  1. Mengevaluasi pembesaran jantung (kardiomegali) yang dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi, kebocoran katup jantung atau gagal jantung.
  2. Mengetahui keadaan otot-otot jantung yang lemah atau jantung tidak dapat memompa darah dengan sempurna.
  3. Mengevaluasi struktur jantung yang terdapat pada penyakit jantung bawaan seperti pada kebocoran sekat-sekat jantung.
  4. Mengevaluasi adanya gumpalan darah di dalam jantung yang dapat menyebabkan stroke.
  5. Menetapkan derajat kelainan seperti penyakit jantung katup karena penyakit jantung rematik.
  6. Mengevaluasi hasil pengobatan atau intervensi.

Sebagai seorang perawat, tugas kita adalah menyiapkan pasien sebelum tindakan. Setelah mesin echo dinyalakan, kita tutup tirai untuk menjaga privasi pasien. Jangan lupa untuk cuci  tangan 6 langkah. Setelah itu, edukasi pasien untuk membuka baju, bantulah apabila pasien mengalami kesulitan. Persilakan pasien untuk berbaring di meja periksa, pasang sadapan ekstremitas: RA pada lokasi lengan kanan; LA pada lokasi lengan kiri; LL biasa dipasang di kanan perut. Setelah sadapan ekstremitas dipasang, kita bisa input identitas pasien (tergantung alat yang dimiliki oleh rumah sakit).
Pada pemeriksaan echocardiografi, biasanya dioperasikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, atau bisa juga oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam konsultan kardiovaskuler. Apabila tindakan sudah selesai, informasikan kepada pasien bahwa tindakan sudah selesai, bersihkan dada pasien dari jelly dengan tisu. Edukasi pasien untuk kembali memakai pakaian dan dokumentasikan hasil tindakan. Bereskan alat-alat dan jangan lupa ya untuk cuci tangan 6 langkah.




Comments

Popular posts from this blog

SINDROMA BRUGADA